Kamis, 25 Maret 2010

PR = page rank google menjadi bagian penting bagi para pemain bisnis internet atau yang lebih sering terdengar dengan istilah internet marketing. Sebegitu pentingkah PR bagi mereka, padahal untuk anak-anak sekolah bukankah PR sering justru dihindari? Ya, PR di sini bagi para penggila bisnis internet menjadi modal dasar, menjadi prestasi, dan juga menjadi sumber penghasilan mereka. Bagaimana tidak? Setiap hari mereka menyibukkan diri dengan berusaha mengoptimasi blog/site mereka agar layak diberi pangkat oleh google. Dengan adanya label dari google, maka peluang mendapatkan penghasilan menjadi semakin terbuka. Inti dari pemberian pangkat atau label atau page rank itu sebenarnya apa? Kalau menurut ahli perSEOan google mempunyai ribuan faktor yang menjadi bahan satu blog/site diberikan status PR. Namun karena saya bukan seorang pakar SEO atau ahli perSEOan maka jangan tanya saya faktor itu apa saja.

Kalau menurut analisa dan pengamatan saya pribadi inti dari page rank sendiri adalah traffik, orang mau membeli domain-domain ber PR tinggi atau orang bersedia membayar mahal untuk satu atau dua buah link yang berada pada blog ber PR tinggi hanya dengan motivasi tambahan traffik. Karena dengan PR tinggi otomatis web tersebut termasuk dalam kriteria bertrafik tinggi, dan dengan berpartner dengan mereka para advertiser tentunya punya harapan produk atau setidaknya site mereka juga ikut terangkat. Lalu bagaimana cara untuk memperoleh page rank? bagaimana cara menaikkan page rank? Banyak yang mengatakan itu hal yang mudah, anda cukup membuat konten yang bagus, cari kawan sebanyak-banyaknya untuk bertukar link, cari backlink sebanyak-banyaknya, dan submit ke social network terkemuka. Lalu apakah semudah itu? Tentu saja tidak, mendapat page rank dengan cepat itu tidak mudah. Dan kalau mau saya tambahkan lagi, mempertahankan page rank itu jauh lebih sulit.

Menurut saya, mencari posisi bagus pada alexa itu jauh lebih mudah daripada mendapatkan perhatian dari google dengan page rank nya. Jadi alexa itu tidak bagus? Alexa merupakan komponen kedua yang biasanya dipakai sebagai bahan pertimbangan bagi advertiser. Jadi alexa juga penting namun memang lebih penting Page Rank. Nah bagi pemula seperti saya ini yang belum tahu tentang perSEOan sudah mendapat page rank 2 saja untuk mempertahankannya susah sekali, ternyata untuk bisa bertahan harus lebih mengerti bagaimana menaklukan hati google.

0 komentar:

Posting Komentar